Tips Mengatasi Tikus di Rumah

 

kiat membasmi tikus rumah

Tikus termasuk binatang menjijikan yang sering masuk dan bersarang di rumah. Penghuni rumah pun menjadi jengkel dan merasa terganggu. Bagaimana cara mengatasi tikus yang masuk rumah? Berikut ini kami berikan beberapa kiat untuk mengatasi tikus.

Pertama, Buat Rumah Tidak Bisa Dimasuki Tikus.

Tikus bisa berada di dalam rumah karena ada bagian-bagian tertentu dari rumah yang bisa menjadi pintu masuk tikus ke dalam rumah. Oleh karena itu, pastikan rumah Anda tidak memberikan kesempatan pada tikus untuk bisa masuk rumah. Misalnya bagian pintu, usahakan pintu cukup rapat khususnya bagian bawah sehingga tidak memberikan celah bagi tikus untuk bisa masuk. Periksa pula bagian ventilasi agar tidak memberikan celah yang cukup bagi tikus untuk masuk.

Kedua, Buat Tidak ada Alasan Tikus untuk Masuk Rumah.

Tikus ingin masuk rumah biasanya karena mencari makanan. Bisa jadi dari sisa-sisa makanan ataupun mencuri makanan. Oleh karena itu, pastikan di dalam rumah tidak ada sisa-sisa makanan yang disukai tikus. Pastikan pula bahwa makanan di rumah dimasukkan ke dalam wadah yang rapat yang tidak bisa dijangkau oleh tikus. Ketika makanan tikus tidak ditemukan di dalam rumah, maka tikus tentu akan memilih keluar.

Ketiga, Tempat Sampah yang Rapat

Di sekitar rumah sudah biasa ada tempat sampah. Tempat sampah ini biasa untuk membuang sampah anggota keluarga. Termasuk yang dibuang adalah sisa makanan. Pastikan tempat sampah ini cukup rapat sehingga tidak bisa diakses tikus. Jika tempat sampah bisa diakses tikus, sementara tempat sampah tersebut ditempatkan di lokasi yang cukup dekat dengan pintu rumah, bisa jadi akan membuat tikus tertarik masuk ke dalam rumah.

Keempat, Memasang Perangkap Tikus.

Salah satu cara cepat untuk mengatasi tikus adalah memasang perangkap. Pasang di tempat yang biasa dilalui tikus sehingga tikus terperangkap. Pasang selalu perangkap tikus sampai Anda yakin semua tikus sudah mati sehingga tikus tidak sempat beranak-pinak menjadi banyak. Jadi sebaiknya segera saja memasang perangkap setelah diketahui ada tikus masuk rumah. Metode penggunaan racun tikus mungkin bisa menjadi salah satu alternatif, tapi ada resikonya. Racun tikus tidak membuat tikus segera mati sehingga ada kemungkinan tikus bersembunyi kemudian mati. Anda baru akan mengetahuinya ketika bangkai tikus sudah busuk. Selain itu, jika di rumah ada binatang peliharaan atau anak balita, cara ini juga beresiko karena bisa jadi akan dimakan.

Demikian beberapa tips mengatasi tikus di rumah. Semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan desain rumah yang aman, nyaman, anti tikus, silakan hubungi tim Jasa Arsitek Bandung. Insya Allah dengan senang hati akan kami bantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.