Tips Rumah Ramah Anak

Masa anak-anak adalah masa keemasan dalam perkembangan hidup manusia. Kita harus memastikan anak-anak mampu melewati masa ini dengan baik. Jangan sampai karena keteledoran kita, masa depan anak menjadi taruhannya. Ada beberapa tips agar rumah kita baik untuk perkembangan anak.

Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut :

Pertama, Kurangi Resiko Terpeleset.

Anak-anak biasanya suka berlari-lari, padahal mereka masih belum mahir dalam berjalan. Oleh karena itu, sebaiknya lantai jangan yang terlalu licin yang bisa berakibat anak-anak terpeleset dan jatuh di lantai yang keras. Hindari juga barang-barang yang membuat resiko ini lebih besar, misalnya keset yang licin. Jika menggelar tikar, gunakan tikar yang anti slip. Di bagian rumah yang resiko terpeleset lebih besar misalnya di kamar mandi, gunakan sandal yang anti slip, bukan sandal yang licin. Pastikan juga Anda rajin membersihkan lantai kamar mandi sehingga tidak ada lumut yang membuatnya lebih licin.

Kedua, Waspada Air.

Anak-anak suka bermain dengan air. Termasuk ketika di kamar mandi. Jika Anda memiliki anak usia di bawah 3 tahun, jangan biarkan ia bermain sendirian di kamar mandi. Awasilah karena air di bak mandi atau ember sudah bisa membuat anak kecil tenggelam.

Ketiga, Pengaturan Furniture.

Anak-anak yang aktif berlarian membutuhkan ruang yang longgar. Oleh karena itu, furniture sebaiknya tidak ditaruh di tengah ruangan agar tidak tertabrak anak-anak. Ditaruh di pinggir atau dekat dinding lebih aman.

Keempat, Pilih Purniture yang Ujung-ujungnya Tidak Tajam.

Ujung furniture yang tajam bisa beresiko melukai anak-anak yang bergerak aktif di sekitarnya. Oleh karena itu pilih yang modelnya tidak tajam.

Keempat, Tangga yang Bisa Dijangkau Anak.

Bagi Anda yang memilih mendesain rumah bertingkat, sebaiknya perhatikan tangga yang digunakan. Langkah kaki orang dewasa tentu berbeda jauh dengan jangkauan langkah kaki anak-anak. Oleh karena itu, jarak tinggi anak tanggak buatlah di bawah 18cm sehingga bisa dijangkau anak-anak.

Kelima, Amankan Dapur.

Di dapur terdapat benda-benda berbahaya bagi anak, misalnya pisau, api, dan lain sebagainya. Upayakan posisi benda-benda berbahaya tidak mudah dijangkau anak. Selain itu, jangan bosan mengingatkan anak-anak agar berhati-hati dan tidak sembarangan bermain di dapur.

Demikianlah beberapa tips rumah ramah anak. Pertimbangkanlah sebelum Anda memutuskan untuk membangun rumah. Jika Anda membutuhkan bantuan mendesain rumah, silakan berkonsultasi dengan tim ahli kami dari Jasa Desain Rumah Bandung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.